Search This Blog

Wednesday, June 17, 2020

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya



Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah tidak asing lagi dengan kabel yang satu ini yaitu kabel FO atau fiber optik. Langsung saja saya jelaskan

Pengertian Kabel Fiber Optik

Fiber optik adalah suatu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus, dan digunakan sebagai media transmisi karena dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu lokasi ke lokasi lainya dengan sangat cepat.

Terdapat 2 jenis mode transmisi yakni Single mode yang memanfaatkan sinar laser sebagai media transmisinya dan Multi mode yang menggunakan media LED. Biasanya jenis kabel Fiber Optik ini lebih sering dipakai pada suatu instalasi jaringan.

Fiber optik telah menjadi salah satu komponen terpopuler di dunia telekomunikasi belakangan ini. Karena Fiber Optik memiliki kecepatan akses tinggi, kabel ini banyak digunakan sebagi saluran komunikasi.

Fungsi Kabel Fiber Optik

 
Fungsinya untuk menghubungkan antara satu perangkat jaringan dengan perangkat jaringan lainya. Perbedaannya hanyalah kecepatan akses datanya yang lebih cepat yang membuat kabel ini menjadi komponen terpopuler didunia telekomunikasi, umumnya kabel ini dipakai untuk operator telekomunikasi serta jaringan yang memerlukan transfer tinggi.

Bagian-bagian Kabel Fiber Optik


Kabel Fiber Optik terdapat bagian-bagian beserta fungsinya masing-masing, berikut bagiannya :
  1. Bagian inti/core : Inti/core merupakan bagian paling dalam dan inti dari fiber optik yang terbuat dari silikon, inti/core merupakan bagian komponen yang berguna untuk mentransmisikan data gelombang cahaya pada serat kaca.
  2. Cladding : Berfungsi sebagai media yang bertugas untuk memancarkan cahaya dari luar kedalam inti kabel fiber optik. Komponen ini berfungsi sebagai pemandu gelombang cahaya.
  3. Coating/Buffer : Berfungsi sebagai lapisan untuk melindungi segala gangguan fisik dari permukaan kabel seperti lengkungan pada kabel serta kelembapan suatu udara yang dimana berakibat rusaknya bagian lapisan dalam dari kabel fiber optik.
  4. Strengh member : Berfungsi untuk melindungi inti kabel fiber optik dari gangguan fisik secara langsung.
  5. Outer jacket : Outer jacket memiliki fungsi yang sama seperti strengh member, yaitu melindungi inti kabel fiber optik dari gangguan fisik secara langsung.

Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat bagi anda

No comments:

Post a Comment

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya

Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah...