Search This Blog

Friday, May 22, 2020

Pengertian Fusion Splicer, Cara Kerja, Dan Fungsinya

Pengertian Fusion Splicer
     Fusion splicer adalah alat penyambung serat optik dengan memanfaatkan panas untuk meleburkan kedua ujung kabel optik secara bersamaan dengan waktu yang sangat cepat/singkat, Menggunakan sistem komputer yang sangat canggih dimana kedua serat ujung optik akan diatur secara otomatis angel kedua ujung serat hingga sejajar kemudian batang elektroda akan akan meleburkan kedua ujung serat secara bersamaan dengan waktu yang sangat singkat sehingga kedua ujung dapat disambungkan.

Cara Kerja Fusion Splicer

Sebelum serat optik berhasil disambung, serat-serat tersebut harus dilucuti dengan hati-hati dari jaket luar dan lapisan polimernya dibersihkan secara menyeluruh, dan kemudian dibelah dengan tepat untuk membentuk permukaan yang halus dan tegak lurus. Setelah selesai, masing-masing serat ditempatkan ke dalam dudukan di kandang splicer. Dan dari titik ini splicer fusi serqat optik mengambil seluruh proses. Dan berikut adalah langkah-langkah penyambungan serat optik:
  • Siapkan bahan dan peralatan yang akan digunakan untuk penyambungan seperti: Sleve Protection, Serat optik, Fiber striper, Fiber cleaver, Tissue, Alkhohol, Sarung tangan dan Sebagainya.
  • Masukan sleve protection ke salah satu ujung serat yang akan disambungkan. Dimana fungsi slever protection adalah sebagai lapisan penguat di titik penyambungan dan juga berperan sebagai lapisan coating pengganti.
  •  Kupas bagian coating pada kedua ujung serat menggunakan fiber striper, Biasanya fiber striper memiliki 3 lubang pengupasan karena coating pada serat optik memiliki banyak lapisan.

  • Bersihkan kedua ujung serat yang telah dikupas menggunakan tissue dan alkhohol 
  • Potong kedua ujung serat menggunakan fiber cleaver, Fungsinya adalah meratakan bagian ujung  dari fiber sehingga redaman yang dihasilkan kecil, menggunakan mata pisau khusus biasanya berbentuk bulat dengan mata pisau yang sangat tajam sehingga ujung dari fiber terpotong rata.
  • Setelah melakukan langkah-langkah diatas maka dimulai langkah proses penyambungan menggunakan Fusion Splicer. Cara meletakan kedua ujung fiber yang akan disambungkan haruslah mendekati ujung batang dioda dan juga tidak boleh melebihi ujung dari batang dioda. Jika kedua posisi telah sesuai maka dapat dilakukan penyambungan.
  • Pada alat Fusion Splicer biasanya telah tersedia slot untuk peleburan sleve protector.Setelah penyambungan selesai maka leburkan sleve protector pada titik penyambungan sehingga terlindungi dari kotoran maupun putus mendadak.

Fungsi Fusion Splicer

      Alat ini berfungsi untuk menyambungkan sebuah core serat optik, dimana serat terbuat dan mengimplementasikan suatu daya listrik yang telah dirubah menjadi sebuah sinar berbentuk laser.
 Sinar laser tersebut berfungsi untuk memanasi kaca yang terputus pada core sehingga bisa tersambung kembali dengan baik.Fusion splicer ini harus memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi, Karena untuk menghasilkan penyambungan yang sempurna, karena pada saat penyambungan akan terjadi proses pengelasan media kaca yang sempurna agar bisa berjalan dengan baik.

Itulah pengertian tentang pengertian Fuison Splicer yang saya dapat berikan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan dapat memberikan wawasan lebih luas tentang IT.

2 comments:

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya

Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah...