Search This Blog

Sunday, June 14, 2020

Pengertian Kabel UTP Dan Fungsinya



Untuk anda yang sudah bermain di dunia IT khususnya pada jaringan komputer, tentu sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, yaitu kabel UTP

Kabel ini sering digunakan untuk menghubungkan sebuah komputer dengan komputer lainnya melalui sebuah perangkat jaringan. Tidak hanya itu, kabel ini juga sering digunakan untuk menghubungkan dari komputer ke perangkat jaringan yang lain seperti router dan switch.

Pengertian Kabel UTP

UTP merupakan singkatan dari Unshield Twisted Pair. Sesuai namanya Unshield, yang berarti kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung aluminium sehingga kabel jenis ini kurang tahan dengan interfrensi elektromagnetik, berbeda dengan saudaranya STP (Shield Twisted Pair). Nama twisted pair merujuk pada bentuk dari isi kabel tersebut yang saling berlilitan pada setiap pasang.


Kabel UTP dilengkapi dengan 8 buah kabel dengan warna yang berbeda di setiap kabelnya, lalu disusun berlilitan pada tiap pasang warna hingga menjadi 4 pasang warna. Lilitan kabel tersebut berfungsi untuk mengurangi induksi dan kebocoran pada kabel.

Setiap warna kabel memiliki fungsi yang berbeda. Dari 8 warna kabel UTP, masing-masing memiliki perannya sendiri, serta fungsinya, yaitu:
  • Orange:Kabel warna orange memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  • Putih-Orange:Kabel warna purih-orange memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  • Hijau:Kabel warna hijau memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  • Putih-Hijau:Kabel warna putih-hijau memiliki fungsi sebagai penghantar paket data.
  • Biru:Kabel warna biru memiliki fungsi sebagai penghantar paket suara.
  • Putih-Biru:Kabel warna putih-biru memiliki fungsi sebagai penghantar paket suara
  • Coklat:Kabel warna coklat memiliki fungsi sebagai penghantar tegangan DC.
  • Putih-Coklat:Kabel warna putih-coklat memiliki fungsi sebagai penghantar tegangan DC.
Fungsi Kabel UTP
 
Fungsi dari kabel UTP yaitudapat digunakan untuk kabel yang menghubungkan jaringan Local Area Network (LAN) pada suatu sistem jarigan network atau jaringan di komputer. Pada umumnya kebel UTP memiliki impendansi kurang lebih 100 ohm. 

2 comments:

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya

Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah...