Search This Blog

Friday, May 22, 2020

Pengertian Cisco

Pengertian Cisco

        Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Wide Area Network(WAN) atau area jaringan luas, Dengan cisco informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan komputer yang berlainan. Agar bertujuan agar dapat meneruskan paket data dari LAN ke LAN lainya.
     Paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang dituju. Agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuanya dengan cepat, router harus memproses data tersebut dengan tepat karena cisco router menggunakan Central Processing Unit(CPU) seperti yang digunakan komputer di dalam komputer untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat. Cisco router juga mempunyai sejumlah jenis memory yaitu RAM, ROM, FLASH, NVRAM, Yang berguna untuk membantu kerjanya CPU. Sistem operasi yang digunakan oleh cisco router adalah Internetwork Operating System(IOS).

Memori yang digunakan oleh cisco router masing-masing mempunyai kegunaan sendiri sebagai berikut:

  • RAM berguna untuk menyimpan running configuration dan sistem operasi IOS yang sangat aktif.
  • ROM berguna untuk menyimpan bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses boot dan menjalankan Power On Self Test(POST) dan IOS image.
  • FLASH berguna untuk menyimpan IOS image. Dengan menggunakan FLASH, IOS versi baru dapat diperoleh dari TFTP server tanpa harus mengganti komponen dalam router.
  • NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi awal(start-up configuration)
Fungsi Cisco

Fungsinya adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan di dunia nyata/kerja, Karena kalau merancang topologi jaringan tanpa bantuan aplikasi ini akan membutuhkan biaya yang sangat besar/mahal.

Bagaiman kita dapat terhubung ke router?Kita dapat memilih alternatif dibawah ini, yaitu:
  1. Port Console
  2. Port Aux
  3. Telnet atau SSH yang biasa dipakai jika router berjauhan dengan bantuan Ethernet atau Serial Port



No comments:

Post a Comment

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya

Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah...