Search This Blog

Tuesday, May 19, 2020

Pengertian Router, Fungsinya, Jenis-jenisnya Dan Cara kerjanya.




Router adalah perangkat keras(hardware)yang dipakai untuk menyambungkan beberapa jaringan yang sama atau berbeda. Setiap router mempunyai fasilitas DHCP(Dynamic Host Configuration Protocol) yang dapat di setting sedemikian rupa sehingga dapat membagi IP address, Pada router terdapat juga NAT(Network Address Translator) yaitu fasilitas yang memungkinkan suatu alamat IP atau koneksi internet dapat di-sharing ke alamat IP lain.

Cara Kerja Router

Fungsi router adalah merutekan paket(informasi). Sebuah router memiliki kemampuan routing, artinya router secara cerdas dapat mengetahui kemana perjalanan informasi(paket) akan dilewatkan, apakah ditunjukan untuk host lain yang satu network atau berada di  network yang berbeda.
 
jika paket-paket ditunjukkan untuk host pada network yang lain maka router router akan meneruskannya ke network tersebut. Sebaliknya, jika paket ditujukan untuk host yang satu network maka router akan menghalangi paket-paket keluar.

Fungsi Router

Fungsi router adalah untuk mengirimkan paket data atau suatu informasi melalui internet atau jaringan dari lokasi tertentu ke jaringan lainya. Fungsi router juga dapat berfungsi untuk menghubungkan sebuah jaringan lokal pada sebuah koneksi DDL yang biasa disebut  DSL router. Dan router juga dapat berfungsi untuk menyimpan tabel routing yang akan digunakan untuk menentukan rute paling baik diantara jaringan WAN ke LAN.

Jenis-Jenis Router

Secara umum, router dapat di kelompokkan menjadi beberapa jenis. Sesuai dengan pengertian router, adapun jenis-jenis router sebagai berikut:
  • Router PC, Suatu komputer dengan spesifikasi tinggi yang di modifikasi sehingga dapat berfungsi sebagai router. Beberapa spesifikasi minimum yang harus ada pada komputer tersebut yaitu:
  1. Prosesor Pentium II dengan hard drive 10GB dan RAM 64.
  2. Sistem operasi khusus router PC, Mikrtotik.
  3. Terdapat LAN Card
  • Router Aplikasi, Router aplikasi adalah suatu aplikasi yang dapat diinstall oleh user pada sistem operasi komputer sehingga sistem operasi komputer tersebut dapat bekerja layaknya router. Berikut adalah aplikasi yang digunakan:
  1. Spygate
  2. WinProxy
  3. Wingate
  4. Winroute
  • Router Hardware, Yaitu hardware yang mempunyai kemampuan seperti router dengan kemampuan tersebut, Hardware ini dapata digunakan untuk:
  1. Membagi alamat IP (IP address)
  2. Membagi jaringan internet di suatu wilayah, misalnya router sebagai access point dan wilayah yang mendapat IP address dan koneksi internet tersebut disebut HotSpot Area.
Itulah pengertian singkat mengenai router, fungsi, cara kerja dan jenis-jenisnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna untuk mengetahui lebih luas tentang jaringan dan dapat menambah wawasan bagi kamu.

2 comments:

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya

Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah...