Search This Blog

Wednesday, June 10, 2020

Pengertian HUB Dan Fungsinya



Hub/pusatan Ethernet adalah sebuah peranti jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment). Pusatan bekerja pada lapisan wujud (lapis1) dalam acuan OSI (OSI model). Pusatan digunakan untuk mengalirhantarkan data dari pengguna layanan (client).

HUB merupakan sebuah perangkat keras jaringan komputer yang sangat diperlukan atau sangat penting dalam dalam sebuah jaringan komputer. Dalam membangun sebuah jaringan atau ingin membuat sebuah jaringan komputer sangat memerlukan berbagai macam komponen yang berbeda tetapi komponen tersebut pun saling terhubung.

HUB juga dapat mempengaruhi proses berbagai koneksi antar setiap komputer dengan komputer lain. Sehingga hal tersebut dapat membuat HUB mengalami gangguan atau kerusakan secara keseluruhan jaringan komputer lain. Jaringan tersebut pun dapat terganggu dan bisa sampai putus koneksinya.

Fungsi HUB

HUB merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, HUB sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika HUB mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.

HUB berfungsi sebagai perangkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan menerima titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung.

1 comment:

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya

Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah...