Search This Blog

Wednesday, June 3, 2020

Sejarah Mikrotik Dan Pengertianya



Hallo sobat, dalam artikel ini saya akan membahas tentang Sejarah Mikrotik, Sebuah sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router.

Perlu diketahui saat ini, Mikrotik merupakan sebuah perusahaan kecil yang berkantor pusat di Latvia, Perusahaan ini dibentuk oleh John Trully dan  Arnis pada tahun 1996 

Sejarah Mikrotik
 
Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MSDOS yang dikombinasikan dengan teknologi wirelles LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelangganya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu perangkat lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar Mikrotik bukan membuat Wirelles ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan diseluruh dunia. Hingga kini, Mikrotik telah melayani sekitar banyak pelangganya.

Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah kernel yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5-15 staffnya Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang. Selain staff dilingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.  

Level RouterOS Dan Kemampuanya

Mikrotik RouterOS hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuanya masing-masing, Mulai dari level 3 hingga level 6. Secara singkat level 3 digunakan untuk router berinterface ethernet, level 4 untuk wirelles client atau serial interface, level 5 untuk wirelles AP, dan level 6 tidak mempunyai limitasi apapun. Untuk aplikasi hotspot, bisa digunakan level 4 (kurang lebih 200 pengguna), level 5 (500 pengguna), dan level 6 (tidak terbatas).

Manual Dokumentasi

Mikrotik RouterOS menyediakan refrensi manual untuk dokumentasinya diantara dokumentasi tersebut yaitu Remote Administration, IP Addressing, dan Routing, interface, Private Networking, Authorization, Authentication, Accounting and Monitoring, Firewall and Quality of Service, Plug and Play Network Access, System Information and Utillies, High Availabillity, Diagnotics Tools.

Sekian dari saya yang dapat saya berikan tentang sejarah mikrotik dan berdasarkan sedikit pengertiannya mungkin hanya itu dari semoga artikel ini bermanfaat untuk anda agar dapat menambah wawasan yang luas.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya

Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah...