Search This Blog

Thursday, May 14, 2020

Pengertian Mikrotik






Mikrotik adalah sistem operasi linux base yang di gunakan untuk network router. Sistem administrasinya bisa diterapkan dengan aplikasi yang bernama winbox. Mikrotik di desain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya.Untuk instalasi mikrotik tidak dibutuhkan perangkat lunak tambahan lain. Adapun sistem yang di gunakan oleh mikrotik di beri nama Mikrotik RouterOS dan RouterBoard yang merupakan keras yang menggunakan sistem operasi mikrotik sehingga dapat menjalankan semua fungsi seperti halnya router.

Berikut Adalah Macam-macam Jenis Mikrotik Pada Jaringan Komputer


  • MikrotikRouterOS


MikrotikRouterOS merupakan sistem operasi yang di peruntukan sebagai network router. MikrotikRouterOS adalah perangkat lunak dan sistem operasi yang dapat di gunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network, yang mencakup berbagai fitur dibuat untuk ip network dan jaringan wirelles.

  • Mikrotik Routerboard
Mikrotik Routerboard adalah suatu hardware yang dapat menjalankan router network tanpa harus di instal ke sebuah PC, karena mikrotik ini di desain untuk menjalankan RouterOS sehingga dapat menjadi router yang handal untuk penggunanya. Namun mikrotik mempunyai kelebihan dan ada juga kekuranganya, berikut adalah kelebihan dan kekuranganya:

  • Kelebihan

  1. OS terpadu dan konfigurasi sistem karena dimana-mana RouterOS digunakan, ada kemungkinan anda untuk dengan cepat mengubah peralatan, mengembalikan ke perangkat keras baru, atau hanya mentransfer-memberi tahu orang lain bagaimana dan apa yang harus dilakukan.
  2. Keandalan dan stabilitas jika mikrotik di konfigurasi dan diuji, ia akan bekerja sangat lama dan tanpa masalah. Selain itu, bahasa skrip bawaanya(yang dengan anda dapat mengonfigurasi semua masalah atau tindakan).
  3. Skalabilitas ada tawaran untuk setiap hampur segment usaha kecil dan menengah. Dan jika anda kekurangan salah satu seri-Core, misalnya, anda selalu dapat RouterOS pada server x86 yang kuat dan kinerja yang di perlukan.
  4. Harga yang cukup terjangkau

  • Kekurangan Mikrotik
Belum mampu menangani sebuah skala jaringan internet yang berskala besar, karena sertifikasi yang di keluarkan merupakan sertifikasi yang merupakan sertifikas yang kurang begitu ternak.













No comments:

Post a Comment

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya

Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah...