Search This Blog

Tuesday, June 9, 2020

Pengertian Switch, Fungsi, Dan Cara Kerjanya



Apa itu switch? Secara umum, Switch adalah suatu komponen jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer agar dapat melakukan penukaran paket, baik penerima, memproses, dan meneruskan data ke perangkat yang dituju.

Pendapat lain mengatakan, pengertian switch adalah jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang besar dan membutuhkan bandwith yang cukup besar.

Tidak seperti HUB, switch bekerja dengan sangat efisien, terarah dan langsung pada alamat yang dituju, memproses, serta baik dalam pertukaran data. Switch dapat mendeteksi tujuan data sehingga dapat mencegah terjadinya tabrakan data pada saat dikirim.

Fungsi Switch 



Fungsi switch adalah sebagai concentrator yang menerima dan membagikan data antar perangkat komputer. Adapun fungsi switch, berikut adalah fungsi dari switch:
  1. Menyaring/Meneruskan Data Frame : Switch juga dapat menyaring dan meneruskan suatu paket data yang diterima ke alamat tujuan, ke alamat MAC addres mana, dan port berapa. Dengan begitu, maka proses pengiriman data tidak akan mengalami tabrakan.
  2. Addres Learning : Switch mampu mencatat alamat MAC addres dari suatu perangkat jaringan yang terhubung denganya. Saat switch menerima data, switch akan mencatat MAC addres pengirim dan memperlajari kemana data tersebut harus dikirim.
  3. Looping Avoidance : Switch mampu mencegah terjadinya looping (data hanya berputar-putar pada port switch) ketika data yang diterima tidak diketahui tujuanya. Data yang diterima dapat diteruskan ke alamt tujuan dengan cara memblok salah satu port yang terhubung dengan perangkat lainnya. 
Cara Kerja Switch

Switch bekerja menerima dan menganalisa seluruh isi paket sebelum meneruskan ke tujuannya. Switch menerima satu persatu paket untuk mengetahui adanya kerusakan pada paket tersebut dan mencegahnya terjadi gangguan jaringan. Switch juga mengalokasikan bandwith secara penuh pada portnya.

No comments:

Post a Comment

Pengertian Kabel Fiber Optik, Bagian-bagian Dan Fungsinya

Hallo sobat dalam artikel ini saya akan memberikan seputar pengertian Kabel Fiber Optik, bagi anda yang sudah bermain didunia IT pasti sudah...